PERTANIAN MODERN

Info Dunia Pertanian Terkini
Teknologi pertanian, agrobis, agro, agriculture, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, greenhouse, hidroponik, aquaponik, tanaman organik, budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya ikan, manfaat tanaman, obat herbal, dll.

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung

Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung - Hallo sahabat Pertanian Modern, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Membuat Pakan, Artikel Pertanian Modern, Artikel Pertanian Organik, Artikel Teknologi Pertanian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung
link : Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung

Baca juga


Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung


Hasil yang didapat dari usaha membuat pelet apung memang cukup menjanjikan, namun Anda harus ingat bahwa usaha yang sekarang berjalan memiliki resiko yang besar, karena pasaran Anda adalah mahluk hidup, jadi harus extra hati-hati. Resiko ini dihasilkan harus berdampak positif pada sasaran pasaran Anda, salah dalam langkah pengerjaan akan berujung tidak baik. di sarankan Anda mengetahui dulu kandungan pakan yang akan Anda buat.


Pakan Yang Berlebih
Kita harus perhatikan kandungan gizi pada ikan yang di butuhkan untuk pertumbuhanya karena tidak semua jenis ikan mengkonsumsi pakan pelet. Sebenarnya banyak sekali pakan untuk ikan, namun pelet adalah hal yang praktis dan ikan hampir semuanya menyukai pelet yang terapung. Kandungan yang terdapat pada pelet apung relatif tinggi, jika terlalu tinggi kandungan dan pemberian pakan yang tidak sesuai dosis maka membuat air tercemar dan terkontaminasi sebab kandungan pakan berlebih, jika pakan yang mudah tenggelam akan memudahkan air tercemar. Intinya adalah kandungan dosis pada adonan pakan yang dibutuhkan, produksi pakan Anda berpusat pada ikan jenis apa dan umur ikan berapa.

Persyaratan Bahan Pakan
Pada hakikatnya membuat adonan pelet tidak terlalu sulit(gampang kalau Anda sudah bisa), terutama pelet yang biasa, namun pelet yang pengolahanya biasa, sangat mudah tenggelam.

Cara pengolahan pakan harus secara istimewa untuk pakan yang bisa terapung, penyebab pakan pelet tidak terapung lama di air karena bahan yang belum komplek atau belum pas pada takarannya. Bisa jadi disebabkan karena bahan ikan yang dihaluskan tidak kering sempurna, oleh karena itu, ikan yang dihaluskan harus benar-benar berbentuk tepung dan kering, cara pengerjaanya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menjemur ikan tersebut atau menggunakan bantuan mesin oven dan mesin penepung halus.

Maaf Menyela.....
Baca Juga :

Okee....silahkan dilanjut

Tahap Pembuatan Pakan Apung
Tahap pertama (first step) dalam membuat pelet apung adalah bahan yang bersifat perekat. Semisal pertama kali yang dimasukkan adalah tepung tapioka dengan pemakaian sekitar 10% - 20% dari total campuran pakan.

Boleh juga ditambahkan air secukupnya agar bisa mengikat adonan lainnya. Sebagai alternatif bisa juga dipakai tepung gaplek, dan tepung onggok. Masukkan bahan yang mengandung sumber protein utama seperti tepung ikan minimal 20% dari total campuran pakan. Alternatif selain tepung ikan, Anda bisa menggantinya dengan tepung tulang, tepung jeroan atau tepung kepala udang.

Masukkan bahan pelengkap lainnya seperti dedak halus maksimal sebanyak 30% dari total campuran pakan total. Apabila memakai bungkil kedelai bisa dengan konsentrasi maksimal 40%. Untuk bahan pelengkap lainnya seperti minyak ikan maksimal 10% dari total campuran pakan. Boleh juga ditambahkan 1% - 2% kalsium karbonat atau kapur dan sekitar 1% - 3% untuk vitamin B kompleks dan vitamin lainnya. Selanjutnya, semua bahan diatas dimixer selama kurang lebih 10 menit sampai benar-benar rata.

Terakhir campuran ini diolah dengan mesin ekstruder sistem kering. Selanjutnya, pelet yang dihasilkan, secara otomatis sudah dalam keadaan kering dan bersifat pakan apung.

Penggunaan Mesin Ekstruder
Apabila Anda ingin menggunakan bantuan mesin, Anda bisa menggunakan Mesin Ekstruder sebagai alat bantu pada tahap pencampuran atau homogen. Mesin Ekstruder bisa berguna untuk menghasilkan pakan sesuai ukuran yang Anda inginkan. Guna untuk mengkompres kepadatan pada pelet karena homogen pada adonan, menggunakan mesin ini dapat mengirit waktu dan tenaga, jika Anda ingin membuat dengan sekala besar maka menggunakan mesin sangat cocok.

Anda butuh produk plastik pertanian? Langsung saja hubungi CV.Lim Corporation, kami menjual produk-produk plastik untuk keperluan pertanian, perkebunan maupun perikanan. Kami menjual Plastik UV, Polybag, Terpal Plastik, Plastik Mulsa, Paranet, dll.
Untuk pemesanan langsung hubungi : 0852,3392,5564 / 0812.3258.4950.

Okee.... sepertinya sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, Terima kasih telah berkunjung & Semoga bermanfaat.....



Demikianlah Artikel Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung

Sekianlah artikel Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung dengan alamat link https://pertanianmodern99.blogspot.com/2017/09/cara-mudah-praktis-membuat-pelet-apung.html

0 Response to "Cara Mudah & Praktis Membuat Pelet Apung"

Posting Komentar